Monday, March 12, 2012

LoVe You...............


Pembicaraan mengenai cinta akan selalu aktual dan selalu menarik, mengapa? Karena selama manusia hidup dan beraktifitas maka dia tidak bisa dipisahkan dari cinta. Mari kita bertanya pada diri kita sendiri, adakah perbuatan kita yang tidak dilandasi dengan cinta?.
Ibnul Qayyim Rahimahullah menyatakan bahwa pangkal (mabda’) dari seluruh aktivitas dan gerakan manusia adalah cinta (mahabbah) dan keinginan (irodah). Cintalah yang mendorong dan mengarahkan manusia untuk memilih jenis amal perbuatannya.

ADA APA DENGAN CINTA !!!

Cinta adalah cinta, cinta tidak bisa didifinisikan, karena semakin didifinisikan maka akan semakin jauh dari makna yang sebenarnya, karena yang menjadi pembicaraan paling-paling seputar sebab-sebab, konsekwensi, tanda-tanda, buahnya atau pengaruhnya dalam kehidupan manusia. Hanya yang sudah merasakannya saja yang tahu apa hakekat cinta itu tapi susah untuk di ungkapkan, maka amat tepatlah perkataan seorang penyair :

لايعرفها إلامن ذاقها
"Tidak ada yang mengetahuinya kecuali bagi yang telah merasakannya".

Cinta tidak selalu memberikan manfaat bagi manusia, adakalanya cinta malah menjeremuskan manusia pada lubang kehinaan dan kenistaan bahkan dia tidak bisa merasakan hakekat kenikmatan dari cinta tersebut dalam hidupnya, malah menyebabkan pecinta terperosok dalam kesengsaraan dan penderitaan yang tidak berkesudahan karena cintanya hanya didasari hal-hal yang semu lagi fana dan dibangun diatas kedustaan itulah cinta palsu.
Cinta yang sejati adalah cinta yang terpuji dan bermanfaat. Ia akan membawa pecinta kepada hakekat kenikmatan yang sebenarnya dan memberikan manfaat bagi pecinta di dunia dan akherat.
Cinta adalah sesuatu yang fitri dalam hati manusia, ia merupakan santapan hati dan kesenangan jiwa. Dengan materi-materi yang terkandung didalamnya cinta akan memberikan bagi pelakunya: gairah hidup, kelembutan, kasih sayang, kedekatan hati, kebahagiaan, suka cita, kesedihan, kesusahan, rindu, kehilangan, menangis, tertawa, dan lain-lain yang serupa dan inilah yang menjadikan hidup manusia menjadi lebih hidup.
Atas nama cinta, yang susah menjadi mudah, yang berat menjadi ringan, lama menjadi cepat, jauh menjadi dekat, jelek menjadi indah, dan yang cela menjadi baik. Bahkan dengan sepenuh hati ia akan menyerahkan diri kepada yang di cintai sampai tidak menyisakan untuk dirinya sendiri :
حبٌك الشيئ يعمي و يصم ( رواه أبو داود و أحمد )
Artinya:Cintamu kepada sesuatu akan membuatmu buta dan tuli”. ( Hadits marfu` diriwayatkan oleh Abu Daud no. 4465, Imam Ahmad no, 20705 ).
Jarir dalam syairnya berkata :
Tak kulihat semua cela kekasih tercinta
Atau sebagiannya jikalau aku sudah rela
Mata yang ridha tak kan melihat cela
Keburukan selalu tampak bagi mata yang benci

LoVe You............... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sa'ad Al Mubarak